HAPPY MABIT SDIT ALKARIMA KUBU RAYA

HAPPY MABIT SDIT ALKARIMA KUBU RAYA

Ada yang tahu ga sih apa itu MABIT….?

Pasti mikirnya Malam Bina Iman dan Taqwa, itu sih bukan definisi tapi makna dari singkatannya ya 🙂

Pengertian MABIT

Apa Itu MABIT? MABIT merupakan salah satu sarana tarbiyah untuk melembutkan hati, membina ruhiyah, membersihkan jiwa dan juga membiasakan fisik untuk beribadah.

Beribadah yang dimaksud di sini adalah shalat tahajud, dzikir, tafakkur dan tadabbur.

Adapun contoh program MABIT adalah shalat berjamaah, khatam al-Qur’an, sholat sunnah tahajud berjamaah, muhasabah, nonton film siroh nabi, doa bersama serta kajian “Adab kepada kedua Orang Tua”.

Melalui kegiatan ini siswa dididik dan dibina supaya menjadi lebih paham dan mengerti betapa pentingnya keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT.

Selain itu, siswa diharapkan tidak hanya cerdas secara intelektual saja melainkan juga memiliki peran dan tanggung jawab kepada sesama manusia dan Allah SWT dengan baik.

MABIT di SDIT ALKARIMA Kubu Raya

  1. Kegiatan MABIT di sekolah kami mulai pkl 16.30 lanjut acara yang dinanti-nanti siswa yaitu fun games, kegiatan seru-seruan antara guru dan siswa nya nih, biasanya dipandu oleh Ustadz Ustadzah. Menjelang maghrib Shalat berjamaah lalu kumpul bersama membaca almasurat setelah itu makan bersama, lanjut shalat Isya berjamaah dan Materi MABIT. Untuk materi MABIT beragam disesuaikan dengan keadaan siswa misalnya tips menjelang PTS, akhlak dan sebagainya, didalam materi ini ada motivasi, tips/cara, dan muhasabah diri (renungan). Siapa sih pematerinya..? Pemateri nya kami datangkan dari luar yang biasanya sebagai trainer dengan pengalaman yang beragam sebagai pembicara.
  2. Malam hari ada kegiatan shalat Lail (Tahajud) berjamaah lanjut Shalat Subuh dan tadarus di ruang masing-masing lalu lanjut olahraga dan clean action. Next closing and go home.

Download kegiatan :JADWAL MABIT SEMESTER 2 SDIT Alkarima Kubu Raya

Manfaat Kegiatan MABIT Untuk Siswa

Ada banyak manfaat yang akan didapatkan siswa dari kegiatan MABIT. Apa sajakah manfaat tersebut?

1) Meningkatkan Iman dan Taqwa Para Siswa

Manfaat pertama dari kegiatan MABIT adalah untuk meningkatkan iman dan takwa para siswa.

Meskipun kegiatan ini dilaksanakan dalam waktu yang singkat, biasanya hanya 1 malam saja tetapi bisa sangat berpengaruh pada keimanan dan ketakwaan siswa yang mengalami peningkatan.

Barakah dan ketenangan jiwa akan menyadarkan siswa yang mengikuti kegiatan ini menjadi sadar sehingga banyak berubah ke arah yang lebih positif.

2) Menjadi Lebih Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Mengikuti kegiatan MABIT yang diadakan oleh pihak sekolah, siswa akan terinspirasi dan termotivasi agar terbiasa untuk menjalankan shalat malam atau shalat lail.

Jadi, siswa tidak hanya melakukan shalat malam ketika mengikuti acara ini saja, tetapi setelah pulang ke rumah setiap malam akan melakukannya.

3) Menumbuhkan Muhasabah atau Introspeksi Diri

Kegiatan MABIT akan memberikan banyak manfaat bagi siswa, salah satunya bisa menumbuhkan muhasabah atau introspeksi diri.

Siswa bisa intropeksi diri mengenai perilaku dan tutur kata yang selama ini kurang baik.

Setelah itu, siswa akan termotivasi untuk memperbaiki diri sehingga bisa meningkatkan kualitas akhlaknya.

4) Berupaya untuk Menjadi Hamba yang Bertakwa

Setelah mengikuti kegiatan MABIT, siswa akan berupaya untuk menjadi hamba yang bertakwa.

Dimana siswa akan selalu taat menjalankan perintah Allah SWT dan mengerjakan amalan-amalan sunnah serta banyak berzikir dan berdoa. Selain itu, siswa juga akan menjauhi perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT.

5) Memiliki Kesempatan Melakukan Riyadhah

Manfaat berikutnya yaitu siswa memiliki kesempatan melakukan riyadhah atau latihan.

Pada saat mengikuti kegiatan ini siswa dilatih untuk menjalankan sholat lima waktu di awal waktu serta menjalankannya secara berjamaah di masjid.

Selain itu, siswa juga akan terlatih untuk mengerjakan sholat sunnah, tidak hanya saat acara berlangsung saja tetapi dilakukan pada hari-hari berikutnya.

6) Lebih Menghargai Waktu

Mengikuti acara MABIT, siswa juga akan dilatih untuk mengatur waktu dengan baik.

Ada waktu untuk beribadah kepada Allah SWT dan kapan waktunya untuk berbuat atau berperilaku untuk kepentingan dunia.

Dari sini nantinya siswa akan lebih menghargai waktu supaya lebih produktif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *